Prinsip-Prinsip Komunikasi

02 November 2021
Matkul : Ilmu Komunikasi 
Dosen : Dawami.S.Sos.M.I.Kom


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
     Holla teman-teman blogger👋👋. Gimana kabarnya?semoga teman-teman selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin ya rabbal alamin😇
     Di kesempatan kali ini,saya akan menjelaskan materi tentang prinsip komunikasi yang sebelumnya telah disampaikan oleh Bapak Dawami.S.Sos.M.I.Kom di mata kuliah Ilmu komunikasi.  Sebelum itu saya ingin bertanya kepada teman-teman,dari blog saya sebelumnya sampai sekarang ini materi yang saya sampaikan ada yang tau tidak sih komunikasi itu apa?
     Komunikasi adalah bentuk pengirim dan penerima pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang di maksud dapat dipahami.
     Teman-teman tau tidak kalau komunikasi juga banyak jenisnya,dan disini saya akan menyebutkan satu persatu jenis-jenis komunikasi. 
● Komunikasi verbal dan non-verbal
● Komunikasi pesan dan tertulis
● Komunikasi langsung dan tidak langsung 
● Komunikasi satu arah dan komunikasi dua      arah.
     Menurut Dedi Mulyana prinsip komunikasi ada 12:
1. Komunikasi suatu proses simbolis
2. Setiap perilaku mempunyai potensi
    Komunikasi 
3. Komunikasi punya dimensi isi dan
    hubungan 
4. Komunikasi berlangsung dalam berbagai
     tingkat kesengajaan 
5. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang &
    waktu
6. Komunikasi melibatkan prediksi peserta
    komunikasi 
7. Komunikasi bersifat sistematika
8. Komunikasi lebih efektif jika latar
    belakang sosial budaya mirip 
9. Komunikasi bersifat non sekuensial
10. Komunikasi bersifat prosesual,dinamis
      dan transaksional
11. Komunikasi bersifat irreversible
12. Komunikasi bukan penasehat untuk
      menyelesaikan berbagai masalah 
     Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai prinsip komunikasi. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf,jangan lupa update terus ya di blog saya selanjutnya...baybayy👋👋


~Radicha Dwi Yanti~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pemberdayaan Keluarga Bagi Pendidikan Karakter Anak