Ontologi Filsafat


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
     Holla teman-teman blogger bertemu lagi bersama saya👋👋 Gimana nih kabar nya teman-teman? Semoga teman-teman semua selalu dalam lindungan Allah SWT ya..aminn
     Di blog saya kali ini berbeda ya teman...disini saya diberi tugas oleh Bapak Dr.H.M.Rizal Akbar,S,Si.M,Phill mengenai matakuliah Filsafat Ilmu dan Logika.Saya akan menjelaskan hasil resume saya dari buku Filsafat Ilmu dari karangan Prof.Dr.Ahmad Tafsir.
     Buku ini membahas tentang ilmuwan yang sedang melakukan penelitian,seorang dukun dan seorang yang sedang berpikir.Di buku ini juga membahas jenis-jenis pengetahuan yaitu:
● Pengetahuan sain yang rasional empiris 
● pengetahuan Filsafat yang hanya rasional.

Buku ini juga menjelaskan Ontologi Filsafat yang terdiri dari dua bagian:
■ Hakikat Pengetahuan Filsafat
          Poedjawijatna mendefinisikan filsafat sebagai sejenis pengetahuan yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan akal pikiran belaka.
          Hasbullah Bakry mengatakan bahwa filsafat sejenis pengetahuan yang menyeluduk segala sesuatu dengan mendalam mengenaai kebutuhan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
■ Struktur filsafat
1. Ontologi => Mencakup banyak sekali
    filsafat, mungkin semua filsafat masuk
    disini misalnya, logika, estetika, filsafat
    pendidikan, filsafat hukum.
2. Epistimologi => Mencakup satu bidang
    saja yang disebut epis temologi yang
    membicarana cara memperoleh
    pengetahuan filsafat. Ini berlaku bagi
    setiap cabang filsaafat.
3. Aksiologi => Mencakup satu cabang
    filsafat yaitu aksiologi yang membicaran
    guna pengetahuan filafat.
     Mungkin itu saja penjelasan dari saya,sampai ketemu di blog saya selanjutnya....👋👋




~Radicha Dwi Yanti~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pemberdayaan Keluarga Bagi Pendidikan Karakter Anak